Skip to main content

Hobi Foto -Foto? Ingin menghasilkan Uang jutaan? Yuk Bikin Peluang Bisnis dari Fotografi!


Hobi foto-foto dan memiliki seni fotografi yang cukup baik? bisnis menjadi fotografer bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu. Baik untuk menyalurkan hobi maupun mendapatkan uang. Apalagi kamu sudah punya kamera DSLR sendiri, semakin gampang untuk menyalurkan hobi yang kamu punya jadi pundi-pundi uang.
Masih mikir apa aja peluangnya? Banyak kok. Saat wisuda kakak-kakak angkatan kamu atau bahkan teman-teman kamu bisa kamu jadikan peluang untuk menjadi fotografer. Misalnya setahun kampus kamu mengadakan wisuda 3 kali dalam setahun maka, kamu bisa menjadi fotografer saat wisuda. Apalagi jika kamu punya bakat dibidang editing foto dengan membuatnya lebih menarik kamu bisa bikin souvenir wisuda dari foto yang kamu edit.  Selain itu kamu juga bisa menjadi fotografer sewa-an untuk satu orang. Misalnya dia mau di foto waktu wisuda seharian termasuk dengan teman-temannya atau untuk foto pre-wedding. Bisa juga foto produk bagi mereka yang punya toko online dan ingin mempromosikan produknya lewat foto.
Nah, sudah tau peluang bisnis fotografer dikampus bukan? Sekarang simak nih plus minus bisnis fotografer.
KELEBIHAN
KEKURANGAN
1.      Waktu flexible (tidak menganggu waktu kuliah)
2.      Pesaing masih sedikit
3.      Biaya operasional rendah
1.      Biaya perawatan kamera cukup mahal
2.      Siap deadline cetak/editing dari konsumen


Analisis Bisnis dalam 1 bulan
Asumsi memiliki kamera DSLR sendiri
Biaya variabel                                                                               
Transportasi                                                                    Rp  80.000,- *
Biaya operasional tetap
Biaya perawatan kamera 1 kali/ bulan  Rp  100.000,-**
                                                                                       Rp 100.000,-
                                                                                       Rp  180.000,-
*Biaya transportasi bisa ada atau tidak, tergantung tempat pemotretan
**Meskipun kamera tidak mengalami kerusakan, simpan alokasi anggaran biaya perawatan kamera, jika suatu saat terjadi kerusakan.
            Selain biaya tersebut diatas, biaya yang timbul dalam menjalankan bisnis ini adalah biaya cetak foto jika customer kamu ingin hasi cetakan. Jadi, carilah tempat cetak foto yang murah dan hasilnya cukup bagus disekitarmu agar konsumen puas. Sedangkan untuk tarif seorang fotografer, tergantung seberapa profesional dia dalam memotret. Selain hal itu, tergantung pula daerah kerja kamu. Biasanya tarif fotografer di kota besar lebih besar. Saran saya, searching harga yang dipatok oleh fotografer-fotografer yang cukup bagus didaerah kamu, lalu pasang harga dibawahnya.

TIPS & TRIK
  1. Jika ada unit kegiatan mahasiswa dibidang fotografi ikutilah agar menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang dunia fotografi. 
  2. Update informasi mengenai teknik-teknik fotografi dan editing foto di internet, agar customer  kamu mempunyai banyak pilihan untuk menggunakan jasa kamu. 
  3. Jika kamu tidak memiliki Kamera DSLR tapi kamu cukup berbakat, gunakan kamera DSLR sewa-an untuk memulai bisnismu. Tapi ingat, sesuaikan budget sewa kamera dan biaya operasional lain dengan honor yang kamu dapatkan. 
  4. Cari informasi sebanyak mungkin event-event wisuda baik dikampus kamu atau mungkin kampus lain yang cukup dekat dengan daerah kamu untuk mengembangkan bisnis kamu.
            Baca Juga ;












Comments

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulis Komentar disini

Popular posts from this blog

JALAN PANJANG PCPM BANK INDONESIA 32, I HAVE KEPT MY BODY (PART 4)

Kisah sebelumnya tes Psikologi tertulis, LGD dan Interview Psikolog bisa dibaca di PCPM 32 BI 2016, Ketika Tangan Allah Berbicara (Part 3) Kawan, sesampainya di kost setelah tes Psikologi tertulis, LGD dan interview psikologi minggu lalu baru sadar ternyata flashdisk aku ketinggalan di kost Rinda. Rasanya garing banget ga ada HP, di laptop ga ada film (Film aku di Flahs disk yang ketinggalan di tempat rinda) udah gitu di kost aku pulangnya pada malem-malem semua, bener2 bener garing you know-lah rasanya gimana. Tapi ada manfaatnya kawan, aku bisa menghabiskan stock buku yang ada hehee. Selama sabtu-rabu aku ga pegang HP kawan. Barulah hari selasa aku ada ide untuk cari penyebab kematian HP aku melalui internet kantor.  Sesampainya di kost aku mencoba menghidupkan HP seperti yang tertera langkah-langkahnya di website, dan aku gagal. Lalu hari rabu menjelang sholat isya aku coba lagi memencet tompol power dan volume bersamaan lalu memilih menu yang ada tulisannya Emmc seketika H

JALAN PANJANG PCPM BANK INDONESIA 32, SEBUAH PETUALANGAN (PART 1)

Bekerja di Bank Indonesia siapa sih yang nggak mau?? Apalagi salah satu impian aku adalah menjadi penelitinya BI seperti yang ditulisan aku sebelumnya. PCPM BI 32 diadakan di tahun 2016 dengan assesornnya PPM Manajemen. Sebelum aku cerita langkah panjang PCPM BI aku kali ini aku mau cerita sekilas yang aku tahu tentang PCPM BI. PCPM merupakan program pengembangan yang diberikan kepada calon pegawai yang dipersiapkan secara khusus untuk menjadi kader pimpinan Bank Indonesia di masa mendatang, melalui penguatan kompetensi teknis dan perilaku sesuai job family, internalisasi nilai-nilai strategis dan pengembangan kapasitas kepemimpinan pegawai. Program ini tidak setiap tahun dibuka, ada yang bilang 2 tahun sekali ada yang bilang 3 tahun sekali ada yang bilang juga tergantung kebutuhan BI. Pada PCPM BI tahun ini (2016) ada 5 bidang yang dibuka yaitu Stabilitas Sistem Keuangan (SSK), Moneter, market, Sistem pembayaran dan pengedaran Uang rupiah, dan enabler. Adapun pembagian kerja masi

Voucher Sodexo Bisa Digunakan Dimana Aja? Disini aja!

          Saat ini memberikan hadiah pada rekan atau kolega tak harus barang. yang sedang trend saat ini adalah memberikan gift voucher. Dimana voucher ini bisa digunakan sebagai pengganti uang tunai. saya ingin berbagi pengalaman tentang sodexo gift pass. Saya mendapatkan voucher sodexo ini dari survey online. Penukaran poin pada survey tersebut saya tukarkan dengan voucher sodexo. awalnya saya juga bingung mau digunakan dimana voucher ini. Jika kita mendapatkan voucher MAP, carrefour, Mc Donald kan sudah pasti kita bisa menggunakannya di outlet tersebut. Nah, gimana dengan vocher sodexo? Apakah kamu termasuk yang mendapatkan voucher Sodexo? dan bingung gift pass sodexo mau digunakan dimana? nggak usah bingung banyak outlet di Indonesia yang bisa digunakan untuk penukaran Voucher Sodexo. Sebelumnya kita bahas dulu, Apa itu Sodexo gift pass? Sodexo adalah bentuk voucher belanja dengan nominal tertentu yang dikeluarkan oleh Sodexo Motivations Solutions Indonesia. Nomin