Skip to main content

Pengalaman CPNS 2018 Part 2, Ketika Usaha dan Doa Bertemu

Sobat yang pengen tahu kisah pendaftaran aku di seleksi CPNS 2018 Part 1 bisa di simak disini

Lulus Adminisrasi Berkas



Alhamdulillah banget setelah kurang lebih hampir satu bulan menunggu pengumuman akhirnya ada juga titik cerah dari BKN, yakni pengumuman administrasi.

Ada yang lucu dari pengumuman CPNS 2018 kali ini. Ada beberapa instansi yang sudah mengumumkan kandidat yang lolos terlebih dahulu ada juga yang belum mengumumkan. Kebetulan aku ikut seleksi pemda Magetan dan aku agak kudet sama informasi yang disampaikan. Kira-kira jumat sore apa ya... sudah diumumkan siapa yang lolos tetapi karna kudet aku tetep biasa aja tanpa ekspresi tanpa mencari tahu.
Barulah ada seseorang yang menanyaiku apa aku lolos ke tahap SKD barulah aku mencari-cari informasi wkwkwkkwwk

Disaat itu ada teman kantorku juga yang sebagian sama aku yang juga ikutan seleksi CPNS 2018 tetapi dia ambil di kementrian pusat. Aku takut jadwal tes kita bentrok, lalu aku langsung WA dia tanya jadwal tesnya. Ternyata dia nggak lolos. Semoga dia mendapatkan rezeki di tempat yang lebih baik lagi.
Antara seneng dan sedih. Sedih karena dia yang pengen ikutan CPNS ternyata harus gagal di seleksi adminitrasi tapi juga seneng jika sewaktu-waktu aku tes kantor ga berantakan karena setidaknya masih ada dia kalau aku tinggal.
Aku berharap dia akan menemukan dan menggapai impiannya lain waktu. Pasti rencana Allah yang terbaik. Kuharap dia sabar dan tetap semangat.

Kembali ke pengalaman aku ya, saking aku gugup aku juga kasih tau ke temenku yang dia ikut seleksi cpns di pemda Madiun. Aku kasih tau kalau sudah ada release pengumuman administrasi berkas, dan ternyata dia sudah tahu duluan bahkan sudah tahu jadwalnya wkwkwkwk kudet banget pokoknya.

Soalnya pasca pengumuman lolos seleksi berkas nggak langsung ada jadwalnya. Disitulah aku merasa was-was. Berharap dapat jadwal sabtu atau minggu atau senin. Tujuannya agar mudah ijinnya.
Tapi Allah berkehendak lain. Beberapa hari setelah pengumuman ternyata aku dapat jadwal tes Selasa, 13 November 2018 di Asrama Haji Madiun.

Belajar SKD CPNS 2018

Sebelum aku cerita bagaimana aku tes SKD aku ingin cerita bagaimana proses aku belajar untuk SKD terlebih dahulu.

Aku sama sekali nggak ngerti apa yang harus aku lakukan untuk SKD. Konon SKD itu soalnya terdiri dari wawasan kebangsaan, Tes intelegensi umum dan tes kepribadian yang terdiri dari 100 soal dan dikerjakan lewat aplikasi CAT (Computer Assisted Test).

Untuk belajar itu sudah banyak buku-buku tes CPNS berkeliaran di toko-toko buku bahkan Online dijual. Jangan tanya harganya, sangat melangit bagiku kala itu. Rata-rata di atas Rp 100.000 hampir Rp 200.000 an itu sih yang standart.

Aku hampir saja membelinya. Tetapi setelah aku pikir-pikir lagi gimana aku belajarnya kalaupun aku punya bukunya. Aku kerja dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Otomatis aku udah prepare buat berangkat kerja katakanlah jam 7 pagi. Lalu pulang kerja kalau tidak begitu macet sekitar jam 17.45 kalau kena macet pasti lebih. Belum lagi sampai kost mandi, makan udah capek duluan. Lihat buku pasti ngantuk.

Jadi intinya beli buku belum tentu aku buka heheh. Lalu aku putuskan untuk belajar dengan youtube. di kantor aku download video soal-soal dan materi tentang tes SKD lalu aku simpan di Flash disk. Sesampainya di kost aku lihat videonya sambil ngantuk-ngantuk wkwkwk. Pun demikian ketika aku berangkat kerja. Aku selalu bawa headset buat dengerin materi. Meski pernah di angkot ketiduran gara-gara dengerin materi SKD wkwkkwk.

Alhamdulillah waktu itu ada temen SD ku yang sharing beberapa soal latihan SKD. Lumayan buat baca-baca dan latihan soal. Jadi setiap sabtu dan minggu setelah urusan rumah tangga per kost an (wkwkkwkwkw maksudnya nyuci setrika de el el) aku dikit-diki belajar tes intelegensi umum. Agak pusing sebenernya, ya lumayan lah buat baca-baca siapa tahu inget waktu tes. Karena aku ambil formasi cumlaude otomatis nilai TIU harus tinggi. segini nih passing grade nya

Minimal 85 berarti minimal harus bener 17 soal. itu hanya untuk lolos passing grade belum lagi kalau ada yang bisa lebih dari itu, kalau dari perankingan anjlok bisa-bisa nggak lolos SKD juga.

Hari-hari mendekati SKD rasanya cepet banget. Banyak yang belum aku pelajari tiba-tiba udah hari H aja. Karena jadwal SKD ini aku taunya udah seminggu sebelumnya jadi aku bisa mabil cuti dari kantor dengan alasan 'menghadiri hajatan' (bener kan itu kan hajatannya BKD Magetan, tes kan ga tiap hari kwkwkwkwk)

Perjalanan 12

Tentu ada alasannya mengapa aku kasih sub judul perjakanan 12 karena memang berhubungan dengan angka 12.
Aku tes di jadwalkan Selasa 13 November 2018 di asrama Haji Kota Madiun.
Aku berangkat dari Malang sepulang kantor jam 5 Sore. Aku harus naik bus 2 kali. Dari Lawang ke Bungurasih (surabaya) lalu dari Bungurasih ke Madiun. Itu belum sampai rumah karena masih harus menempuh perjalanan sekitar 20-25 menit menggunakan sepeda motor dari tempat aku turun bis sampai ke rumahku.
Berangkat jam 5 sore dari Lawang sampai rumah aku hari selasa jam 00.00. Rasanya capek gabisa tidur pula. Habis subuh udah harus bersih-bersih rumah  sampai-sampai ga sempet buka materi tes lama.
Lalu karena aku tes jam 2 sore dan 90 menit sebelumnya aku sudah harus di lokasi otomatis aku harus berangkat awal. Jam 12 lewat 10 menit (ba'da) dhuhur aku berangkat dari rumah mbakku. Karena perjalanan 30 menitan sampai lokasi tes hampir jam 1 siang.
Kondisi aku waktu itu deg-deg an banget.
Begitu parkir motor aku berjalan mencari tempat dimana aku harus tes.Eh... nggak sengaja ketemu orang yang ikut tes di sesiku juga. Kita ngobrol kenalan bentar, nggak nyangka ternyata dia adalah adiknya temenku wkwkwkwk sempitnya dunia.

Aku nggak sempet foto lokasi tempat tesnya kayak gimana karena emang aku deg-deg an banget. Sebelum tes kita harus registrasi dulu. Prosesnya panjang dan lama
1. Di panggil cek kartu ujian sama KTP lalu menitipkan tas 
2. Di periksa petugas BKD
3. Diperiksa Polisi
4. Cek Data Diri(Ditanya-tanya singkat sama panitia)
5. Di kasih pin untuk akses CAT
6. Tanda Tangan Absen
7. Sosialisasi pengerjaan CAT di aula
8. Berangkat perang eh.. tes

Jeng..jeng..... Tes dimulai soalnya unpredictable banget
Semua penalaran dan pengamalannya. Teori ga terlalu. itu untuk TWK nya
Lalu yang TIU ini yang aku shock banget. Aku cuman belajar TPA, hitung-hitung penalaran gitu sama logika gambar ternyata ada soal bahasa Indonesia dan bacaan yang lumayan menyita waktu buat baca.
Untuk TKP, haduhh... ini mah semua jawaban hampir sama semua. Bingung jawabnya.
Bisa Semua?
Ya nggaklah.... ada beberapa yang hanya bermodal bismillah lalu klik jawaban.
Alhamdulillah waktu habis aku udah selese mengerjakan soal-soalnya.
Disaat itu aku merasa lebih deg-deg an. Begitu layar tertutup karena waktu habis nilai akan muncul. aku pun memejalmkan mata sambil jantung rasanya mau copot, tubuh gemetaran ga karuan.
Jeng Jeng......

Aku nggak percaya dengan nilai yang aku dapatkan. Nggak nyangka banget lolos Passing grade. Harapanku bisa lolos seleksi SKD ini.

Doaku

Sebagai manusia tentu kita hanya bisa berdoa dan berusaha Allah lah yang menentukan.
Ditengah kebimbangan hatiku Aku hanya minta pada Allah Jika memang menurut Allah aku pantas mendapatkan amanah sebagai pelayan masyarakat aku meminta Allah untuk memudahkan jalanku, membuat berkah apa yang aku raih dan dimanapun aku berada, serta memberi manfaat pada orang lain.
Juga jika memang aku tak pantas menerima amanah itu aku juga meminta pada Allah untuk meberkahiku dimanapun aku berada. 
Dimanapun itu aku ingin belajar lebih taat lagi pada Allah.
Dan Aku ingin Allah memilihkan dan mentukan yang terbaik bagiku serta mengakhirinya dengan kebaikan.

Inilah skenario Allah

To Be Continue Seleksi SKB here

Comments

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. Kisah cerita mendapatkan ijazah asli

    ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulis Komentar disini

Popular posts from this blog

JALAN PANJANG PCPM BANK INDONESIA 32, SEBUAH PETUALANGAN (PART 1)

Bekerja di Bank Indonesia siapa sih yang nggak mau?? Apalagi salah satu impian aku adalah menjadi penelitinya BI seperti yang ditulisan aku sebelumnya. PCPM BI 32 diadakan di tahun 2016 dengan assesornnya PPM Manajemen. Sebelum aku cerita langkah panjang PCPM BI aku kali ini aku mau cerita sekilas yang aku tahu tentang PCPM BI. PCPM merupakan program pengembangan yang diberikan kepada calon pegawai yang dipersiapkan secara khusus untuk menjadi kader pimpinan Bank Indonesia di masa mendatang, melalui penguatan kompetensi teknis dan perilaku sesuai job family, internalisasi nilai-nilai strategis dan pengembangan kapasitas kepemimpinan pegawai. Program ini tidak setiap tahun dibuka, ada yang bilang 2 tahun sekali ada yang bilang 3 tahun sekali ada yang bilang juga tergantung kebutuhan BI. Pada PCPM BI tahun ini (2016) ada 5 bidang yang dibuka yaitu Stabilitas Sistem Keuangan (SSK), Moneter, market, Sistem pembayaran dan pengedaran Uang rupiah, dan enabler. Adapun pembagian kerja masi

JALAN PANJANG PCPM BANK INDONESIA 32, I HAVE KEPT MY BODY (PART 4)

Kisah sebelumnya tes Psikologi tertulis, LGD dan Interview Psikolog bisa dibaca di PCPM 32 BI 2016, Ketika Tangan Allah Berbicara (Part 3) Kawan, sesampainya di kost setelah tes Psikologi tertulis, LGD dan interview psikologi minggu lalu baru sadar ternyata flashdisk aku ketinggalan di kost Rinda. Rasanya garing banget ga ada HP, di laptop ga ada film (Film aku di Flahs disk yang ketinggalan di tempat rinda) udah gitu di kost aku pulangnya pada malem-malem semua, bener2 bener garing you know-lah rasanya gimana. Tapi ada manfaatnya kawan, aku bisa menghabiskan stock buku yang ada hehee. Selama sabtu-rabu aku ga pegang HP kawan. Barulah hari selasa aku ada ide untuk cari penyebab kematian HP aku melalui internet kantor.  Sesampainya di kost aku mencoba menghidupkan HP seperti yang tertera langkah-langkahnya di website, dan aku gagal. Lalu hari rabu menjelang sholat isya aku coba lagi memencet tompol power dan volume bersamaan lalu memilih menu yang ada tulisannya Emmc seketika H

Voucher Sodexo Bisa Digunakan Dimana Aja? Disini aja!

          Saat ini memberikan hadiah pada rekan atau kolega tak harus barang. yang sedang trend saat ini adalah memberikan gift voucher. Dimana voucher ini bisa digunakan sebagai pengganti uang tunai. saya ingin berbagi pengalaman tentang sodexo gift pass. Saya mendapatkan voucher sodexo ini dari survey online. Penukaran poin pada survey tersebut saya tukarkan dengan voucher sodexo. awalnya saya juga bingung mau digunakan dimana voucher ini. Jika kita mendapatkan voucher MAP, carrefour, Mc Donald kan sudah pasti kita bisa menggunakannya di outlet tersebut. Nah, gimana dengan vocher sodexo? Apakah kamu termasuk yang mendapatkan voucher Sodexo? dan bingung gift pass sodexo mau digunakan dimana? nggak usah bingung banyak outlet di Indonesia yang bisa digunakan untuk penukaran Voucher Sodexo. Sebelumnya kita bahas dulu, Apa itu Sodexo gift pass? Sodexo adalah bentuk voucher belanja dengan nominal tertentu yang dikeluarkan oleh Sodexo Motivations Solutions Indonesia. Nomin