Sebagai perusahaan yang telah going global tentuya coca cola
menerapkan strategi yang konstruktif untuk menjadi market leader. Apalagi minuman cola sebelumnya telah diperkenalkan
di pasar oleh Pepsi dimana telah ditemukan resep rahasianya sejak 1893. Seiring
dengan perkembangan pasar cola di Amerika yang menunjukkan bahwa konsumsi
masyarakat Amerika terhadap CSD (Carbonate
Soft Drink) meningkat pesat sebanyak 12,4% di tahun 1970 menjadi 28,7% di
tahun 2004 , mulailah persaingan antara coca cola dan Pepsi untuk merebut pasar
di Amerika bahkan diseluruh dunia. Persaingan ini terjadi menyeluruh mulai dari
variasi rasa, packaging, hingga memunculkan brand brand baru.
Pada tahun 2001, Coca Cola
telah berencana melakukan joint venture
dengan P&G untuk mengembangkan pasar colanya. Hal ini menjadikan Pepsi
melakukan ekspansi pasar dengan menerapkan strategi lain yakni memunculkan
produk Quaker Oats sebagai diferensiasi. Namun, pada akhirnya coca colalah yang
lebih berhasil menguasai pasar. Keputusan coca cola untuk melakukan joint venture menurut saya merupakan
keputusan yang tepat. Melihat riset yang telah dilakukannya terhadap produk
minuman yang akan dipasarkan. Coca cola optimis bahwa cola akan menjadi minuman
dunia yang akan diminati oleh banyak orang. Untuk itu, mereka mulai melakukan
ekspansi pasar ke cina dan India untuk mendirikan pabrik minuman tersebut. Hal
ini dilakukan untuk mengurangi ongkos produksi dari sisi tenaga kerja dan bahan
baku. Ternyata strategi tersebut cukup menguntungkan bagi coca cola karena biaya
distribusi dapat ditekan dengan mendirikan pabrik diarea yang letaknya cukup
dekat dengan wilayah distribusi. Selanjutnya, dalam perkembangannya tidak hanya
di kedua negara itu bahkan di Indonesia pun sudah terdapat pabrik coca cola.
Meskipun demikian, kontrol
terhadap teknologi pada pabrik – pabrik yang didirikan di negara – negara yang
menjadi negara joint venture masih
kurang. Hal ini harus disiasati dengan adanya quality cntro di setiap pabrik joint venture. Hal yang menarik adalah
analisa coca cola terhadap kondisi politik dan ekonomi negara yang menjadi
tujuan joint venturenya. Coca cola
memilih negara berkembang dimana upah tenaga kerjanya masih rendah kemudian
jumlah penduduk yang cukup besar membuat mereka mempunyai kebutuhan SDM yang
cukup serta memiliki kemungkinan konsumsi yang tinggi. Selain itu dari sisi
keadaan politik, pertimbangan yang dilakukan oleh coca cola merupakan
pertimbangan jangka panjang mengenai kondisi dan karakteristik bangsa tersebut.
Dengan melakukan strategi
aliansi berupa joint venture,
ternyata menjadikan market share coca cola menduduki peringkat tertinggi
dibandingkan produk minuman lain. Dalam kategori minuman CSD, coca cola telah
berhasil mengoptimalkan market share
jika dibandingkan dengan pepsi. Pepsi yang memulai bisnisnya sejak tahun 1966
mulai tergeser dengan kehadiran coca cola pada tahun 1985. Hal ini ditunjukkan
dengan perkembangan market share coca
cola yang diawali dengan market share
sebesar 5,2% di tahun 1985 kini di tahun 2004 market sharenya meningkat hingga
17,9%. Hal ini merupakan posisi kebalikan dari Pepsi dimana di tahun 1966 market
sharenya yang telah mencapai 16,1% menurun hingga 11,5% di tahun 2004.
Perkembangan pasar ini menjadikan coke yang merupakan salah satu produk coca
cola menjadi megabrand di tahun 2000
dan 2004.
Sebuah tulisan di advertising
age pada 25 juni 2005 yang menuliskan artekel yang berjudul “Special Report: 100 Leading National
Advertisers,” menyebutkan bahwa coca cola merupakan brand dengan market share tertinggi namun, dilihat
dari dana yang dihabiskan untuk melakukan iklan tidak terlampau besar. Share
point dari brand ini cukup bagus di tahun 2004 ditingkat 10,523 point. Hal ini
menunjukkan bahwa coca cola telah dikenal oleh masyarakat dunia bahkan tanpa
harus mengiklankannya sekalipun coca cola memiliki pangsa pasar tersendiri.
Dengan demikian, sebagai
perusahaan global, coca cola telah melakukan strategi aliansi yang tepat dan
mampu menjadi market leader meskipun
coca cola dapat dikatakan sebagai pemain pasar yang baru di dunia cola. Hal
terpenting dalam melakukan strategi aliansi adalah seberapa besar kita menilai
kekuatan produk dan seberapa besar kita menganalisa pasar pesaing kita yang
memiliki produk yang sejenis maupun tidak sejenis. Analisa ini sangat penting
untuk menentukan strategi konstruktif mengembangkan bisnis utamanya di dunia
global serta merupakan hal yang paling berpengaruh pada profit yang akan kita
dapatkan. Semakin besar profit dan market share suatu produk maka produk itu
sendiri yang akan memilih investor untuk berinvestasi pada perusahaan.
SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
ReplyDeleteDEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…
**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..
…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<
SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…
**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..
…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<