Skip to main content

Analisis Teori Strategi Aliansi dengan Kasus Keberlanjutan Perang Coca Cola dan Pepsi pada 2006

Sebagai perusahaan yang telah going global tentuya coca cola menerapkan strategi yang konstruktif untuk menjadi market leader. Apalagi minuman cola sebelumnya telah diperkenalkan di pasar oleh Pepsi dimana telah ditemukan resep rahasianya sejak 1893. Seiring dengan perkembangan pasar cola di Amerika yang menunjukkan bahwa konsumsi masyarakat Amerika terhadap CSD (Carbonate Soft Drink) meningkat pesat sebanyak 12,4% di tahun 1970 menjadi 28,7% di tahun 2004 , mulailah persaingan antara coca cola dan Pepsi untuk merebut pasar di Amerika bahkan diseluruh dunia. Persaingan ini terjadi menyeluruh mulai dari variasi rasa, packaging, hingga memunculkan brand brand baru.
Pada tahun 2001, Coca Cola telah berencana melakukan joint venture dengan P&G untuk mengembangkan pasar colanya. Hal ini menjadikan Pepsi melakukan ekspansi pasar dengan menerapkan strategi lain yakni memunculkan produk Quaker Oats sebagai diferensiasi. Namun, pada akhirnya coca colalah yang lebih berhasil menguasai pasar. Keputusan coca cola untuk melakukan joint venture menurut saya merupakan keputusan yang tepat. Melihat riset yang telah dilakukannya terhadap produk minuman yang akan dipasarkan. Coca cola optimis bahwa cola akan menjadi minuman dunia yang akan diminati oleh banyak orang. Untuk itu, mereka mulai melakukan ekspansi pasar ke cina dan India untuk mendirikan pabrik minuman tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ongkos produksi dari sisi tenaga kerja dan bahan baku. Ternyata strategi tersebut cukup menguntungkan bagi coca cola karena biaya distribusi dapat ditekan dengan mendirikan pabrik diarea yang letaknya cukup dekat dengan wilayah distribusi. Selanjutnya, dalam perkembangannya tidak hanya di kedua negara itu bahkan di Indonesia pun sudah terdapat pabrik coca cola.
Meskipun demikian, kontrol terhadap teknologi pada pabrik – pabrik yang didirikan di negara – negara yang menjadi negara joint venture masih kurang. Hal ini harus disiasati dengan adanya quality cntro di setiap pabrik joint venture. Hal yang menarik adalah analisa coca cola terhadap kondisi politik dan ekonomi negara yang menjadi tujuan joint venturenya. Coca cola memilih negara berkembang dimana upah tenaga kerjanya masih rendah kemudian jumlah penduduk yang cukup besar membuat mereka mempunyai kebutuhan SDM yang cukup serta memiliki kemungkinan konsumsi yang tinggi. Selain itu dari sisi keadaan politik, pertimbangan yang dilakukan oleh coca cola merupakan pertimbangan jangka panjang mengenai kondisi dan karakteristik bangsa tersebut.
Dengan melakukan strategi aliansi berupa joint venture, ternyata menjadikan market share coca cola menduduki peringkat tertinggi dibandingkan produk minuman lain. Dalam kategori minuman CSD, coca cola telah berhasil mengoptimalkan market share jika dibandingkan dengan pepsi. Pepsi yang memulai bisnisnya sejak tahun 1966 mulai tergeser dengan kehadiran coca cola pada tahun 1985. Hal ini ditunjukkan dengan perkembangan market share coca cola yang diawali dengan market share sebesar 5,2% di tahun 1985 kini di tahun 2004 market sharenya meningkat hingga 17,9%. Hal ini merupakan posisi kebalikan dari Pepsi dimana di tahun 1966 market sharenya yang telah mencapai 16,1% menurun hingga 11,5% di tahun 2004. Perkembangan pasar ini menjadikan coke yang merupakan salah satu produk coca cola menjadi megabrand di tahun 2000 dan 2004.
Sebuah tulisan di advertising age pada 25 juni 2005 yang menuliskan artekel yang berjudul “Special Report: 100 Leading National Advertisers,” menyebutkan bahwa coca cola merupakan brand dengan market share tertinggi namun, dilihat dari dana yang dihabiskan untuk melakukan iklan tidak terlampau besar. Share point dari brand ini cukup bagus di tahun 2004 ditingkat 10,523 point. Hal ini menunjukkan bahwa coca cola telah dikenal oleh masyarakat dunia bahkan tanpa harus mengiklankannya sekalipun coca cola memiliki pangsa pasar tersendiri.

Dengan demikian, sebagai perusahaan global, coca cola telah melakukan strategi aliansi yang tepat dan mampu menjadi market leader meskipun coca cola dapat dikatakan sebagai pemain pasar yang baru di dunia cola. Hal terpenting dalam melakukan strategi aliansi adalah seberapa besar kita menilai kekuatan produk dan seberapa besar kita menganalisa pasar pesaing kita yang memiliki produk yang sejenis maupun tidak sejenis. Analisa ini sangat penting untuk menentukan strategi konstruktif mengembangkan bisnis utamanya di dunia global serta merupakan hal yang paling berpengaruh pada profit yang akan kita dapatkan. Semakin besar profit dan market share suatu produk maka produk itu sendiri yang akan memilih investor untuk berinvestasi pada perusahaan.  

Comments

  1. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulis Komentar disini

Popular posts from this blog

JALAN PANJANG PCPM BANK INDONESIA 32, SEBUAH PETUALANGAN (PART 1)

Bekerja di Bank Indonesia siapa sih yang nggak mau?? Apalagi salah satu impian aku adalah menjadi penelitinya BI seperti yang ditulisan aku sebelumnya. PCPM BI 32 diadakan di tahun 2016 dengan assesornnya PPM Manajemen. Sebelum aku cerita langkah panjang PCPM BI aku kali ini aku mau cerita sekilas yang aku tahu tentang PCPM BI. PCPM merupakan program pengembangan yang diberikan kepada calon pegawai yang dipersiapkan secara khusus untuk menjadi kader pimpinan Bank Indonesia di masa mendatang, melalui penguatan kompetensi teknis dan perilaku sesuai job family, internalisasi nilai-nilai strategis dan pengembangan kapasitas kepemimpinan pegawai. Program ini tidak setiap tahun dibuka, ada yang bilang 2 tahun sekali ada yang bilang 3 tahun sekali ada yang bilang juga tergantung kebutuhan BI. Pada PCPM BI tahun ini (2016) ada 5 bidang yang dibuka yaitu Stabilitas Sistem Keuangan (SSK), Moneter, market, Sistem pembayaran dan pengedaran Uang rupiah, dan enabler. Adapun pembagian kerja masi

JALAN PANJANG PCPM BANK INDONESIA 32, I HAVE KEPT MY BODY (PART 4)

Kisah sebelumnya tes Psikologi tertulis, LGD dan Interview Psikolog bisa dibaca di PCPM 32 BI 2016, Ketika Tangan Allah Berbicara (Part 3) Kawan, sesampainya di kost setelah tes Psikologi tertulis, LGD dan interview psikologi minggu lalu baru sadar ternyata flashdisk aku ketinggalan di kost Rinda. Rasanya garing banget ga ada HP, di laptop ga ada film (Film aku di Flahs disk yang ketinggalan di tempat rinda) udah gitu di kost aku pulangnya pada malem-malem semua, bener2 bener garing you know-lah rasanya gimana. Tapi ada manfaatnya kawan, aku bisa menghabiskan stock buku yang ada hehee. Selama sabtu-rabu aku ga pegang HP kawan. Barulah hari selasa aku ada ide untuk cari penyebab kematian HP aku melalui internet kantor.  Sesampainya di kost aku mencoba menghidupkan HP seperti yang tertera langkah-langkahnya di website, dan aku gagal. Lalu hari rabu menjelang sholat isya aku coba lagi memencet tompol power dan volume bersamaan lalu memilih menu yang ada tulisannya Emmc seketika H

Voucher Sodexo Bisa Digunakan Dimana Aja? Disini aja!

          Saat ini memberikan hadiah pada rekan atau kolega tak harus barang. yang sedang trend saat ini adalah memberikan gift voucher. Dimana voucher ini bisa digunakan sebagai pengganti uang tunai. saya ingin berbagi pengalaman tentang sodexo gift pass. Saya mendapatkan voucher sodexo ini dari survey online. Penukaran poin pada survey tersebut saya tukarkan dengan voucher sodexo. awalnya saya juga bingung mau digunakan dimana voucher ini. Jika kita mendapatkan voucher MAP, carrefour, Mc Donald kan sudah pasti kita bisa menggunakannya di outlet tersebut. Nah, gimana dengan vocher sodexo? Apakah kamu termasuk yang mendapatkan voucher Sodexo? dan bingung gift pass sodexo mau digunakan dimana? nggak usah bingung banyak outlet di Indonesia yang bisa digunakan untuk penukaran Voucher Sodexo. Sebelumnya kita bahas dulu, Apa itu Sodexo gift pass? Sodexo adalah bentuk voucher belanja dengan nominal tertentu yang dikeluarkan oleh Sodexo Motivations Solutions Indonesia. Nomin